by

Ada Apa, Presiden Palestina Temui Paus Fransiskus di Vatikan

RenunganKatolik.org. Ada Apa, Presiden Palestina Temui Paus Fransiskus di Vatikan. Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, menggelar audiensi privat dengan Paus Fransiskus dalam kunjungannya ke Vatikan pekan ini. Usai pertemuan itu, jajaran pejabat Vatikan mendorong dilanjutkannya perundingan damai antara Palestina dan Israel.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (6/11/2021), ini menjadi pertemuan yang kesekian kalinya antara Abbas dengan pemimpin umat Katolik sedunia itu. Abbas diketahui sudah beberapa kali bertemu Paus Fransiskus sebelumnya.

Selain melakukan audiensi dengan Paus Fransiskus pada Kamis (4/11) waktu setempat, Abbas juga bertemu dengan Sekretaris Negara Vatikan, Kardinal Pietro Parolin dan Menteri Luar Negeri Vatikan, Paul Gallagher, dalam kunjungan ke Roma, Italia.

Usai pertemuan Paus Fransiskus dengan Abbas, Vatikan merilis pernyataan yang isinya menekankan pentingnya dialog langsung antara Palestina dan Israel.

“Ditekankan bahwa diperlukan secara mutlak untuk mengaktifkan kembali dialog langsung untuk mencapai solusi dua negara, juga dengan bantuan upaya lebih giat dari komunitas internasional,” demikian pernyataan Vatikan, merujuk pada dialog Palestina-Israel yang terhenti.

“Menegaskan kembali bahwa Yerusalem harus diakui oleh semua pihak sebagai tempat pertemuan dan bukan lokasi konflik, dan bahwa statusnya harus mempertahankan identitas dan nilai universalnya sebagai Kota Suci bagi tiga agama Abraham,” imbuh pernyataan itu.

Pemerintahan baru Israel yang dipimpin Perdana Menteri (PM) Naftali Bennett yang beraliran nasionalis garis keras, diketahui tidak memiliki posisi yang sama untuk mengakhiri konflik bertahun-tahun dengan Palestina. Hal ini jelas semakin memperumit setiap perundingan diplomatik resmi.

Namun kunjungan baru-baru ini ke kantor Abbas oleh tiga Menteri Israel anggota kabinet Bennett mengindikasikan kedua pihak tertarik untuk memajukan stabilitas dan meningkatkan hubungan, meskipun perundingan damai masih terhenti.

Saat bertemu di Vatikan, menurut video yang dirilis Vatikan, Paus Fransiskus dan Abbas saling bertukar kado dan kemudian berpegangan tangan saat Abbas mendoakan kesehatan dan kekuatan yang baik bagi Paus Fransiskus.

Dalam pertemuan itu, yang disebut Vatican News sebagai pertemuan ke-6 antara keduanya di Vatikan, Abbas memberikan kado sebuah batu amber yang menggambarkan Grotto of the Nativity, yang merupakan gua bawah tanah di Bethlehem yang diyakini penganut Kristen sebagai tempat kelahiran Yesus.

Secara terpisah, Abbas juga bertemu Perdana Menteri (PM) Mario Draghi dan Presiden Sergio Mattarella dalam kunjungan ke Roma. Usai pertemuan itu, PM Draghi ‘menyatakan dukungan untuk dilanjutkannya kembali dialog bilateral’ dan mendukung ‘solusi dua negara yang adil, berkelanjutan dan dinegosiasikan’.

Sumber : news.detik.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed