by

Agatha Lidya, Satu-satunya Wakil Indonesia dalam Pembukaan Sinode di Vatikan

RenunganKatolik.org. Agatha Lidya, Satu-satunya Wakil Indonesia dalam Pembukaan Sinode di Vatikan.  Pembukaan Sinode dilakukan langsung oleh Paus Fransiskus pada Sabtu (9/10/2021), yang membuka prosesi konsultasi global dua tahun ini.

Para peserta yang berusia muda diharapkan membantu mengubah cara Gereja Katolik mengambil keputusan, demikian keterangan yang dilansir dari Crux, Senin (11/10/2021).

“Saya sangat berharap anak muda tidak hanya didengar, tetapi benar-benar menjadi bagian dari proses,” ujar Agatha Lidya kepada para wartawan di akhir sesi pembukaan Sinode.

“Kami memiliki energi ini, dan juga kreativitas dalam hal menyatukan orang-orang. Terlalu banyak orang muda meninggalkan gereja karena merasa lembaga tidak mendengarkan mereka,” terang alumnus Universitas Katolik Parahyangan tersebut.

Lebih lanjut Agatha Lidya menambahkan, Sinode merupakan sarana penting untuk menyalurkan keinginan kaum muda guna menyuarakan pemikiran mereka, terutama di tingkat lokal.

Selama setahun ke depan, konsultasi akan diluncurkan di tingkat paroki. Para umat diundang untuk bergabung dalam sesi dialog.

Kemudian pada Maret 2022, akan ada waktu untuk pertemuan keuskupan dan nasional, dilanjutkan oleh pertemuan kontinental sebelum ditutup pada Oktober 2023.

Adapun pertemuan umum Sinode para uskup akan diadakan di Roma pada Oktober.

Sabtu lalu, orang-orang yang hadir kebanyakan adalah kaum awam, imam, dan religius, yang beberapa negara di antaranya bahkan tidak memiliki uskup di Aula Sinode.

Ini terjadi karena kantor Sinode Vatikan meminta masing-masing benua mengirim perwakilan, bukan masing-masing negara secara individu, antara lain karena pembatasan perjalanan Covid-19.

Beberapa peserta harus memulai proses berbulan-bulan untuk mendapatkan lampu hijau dari pemerintah mereka untuk terbang ke Roma menghadiri pembukaan Sinode.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed