BKSN 2020 – Pendalaman Iman Katolik Jumat 11 September 2020

463 views

BKSN 2020 – Pendalaman Iman Katolik Jumat 11 September 2020

Tema: Yesus Adalah Anak Manusia, Raja Kerajaan Surga

Sub Tema: Hal Menghakimi

Lagu Pembuka:PS 333 atau lagu lain yang sesuai.

Tanda Salib dan Salam

P   Dalam nama Bapa, dan Putra dan Roh Kudus.

U  Amin.

P   Tuhan beserta kita.

U  Sekarang dan selama lamanya.

 

Pengantar

Bapak/Ibu/Saudara-saudari yang terkasih, kita bersyukur karena Tuhan kembali menghimpun kita untuk mendengarkan Sabda-Nya. Pada pertemuan yang lalu kita telah diajak melihat kebenaran bahwa Allah adalah Kasih. Kita mengenal Allah dan percaya telah dikasihi oleh Allah sehingga kita pun mengasihi sesama. Dalam pertemuan kali ini, kita akan melihat “Hal Menghakimi”. Maka marilah kita mempersiapkan pikiran dan hati kita untuk mendengarkan serta merenungkan Sabda Tuhan.

 

Doa Pembuka

  1. Marilah berdoa: Allah Bapa yang Mahakuasa, kami bersyukur kepada-Mu karena Engkau telah memanggil kami untuk percaya bahwa Putra-Mu, Yesus Kristus, adalah Raja Kerajaan Surga. Pimpinlah hati semua orang yang percaya kepada-Mu, agar kami dinyalakan oleh api Roh-Mu, dikuatkan dalam iman dan perbuatan. Demi Kristus Tuhan kami. Amin.

Pembacaan Kitab Suci

Pemandu meminta teks Kitab Suci dibacakan secara bergantian, ayat ganjil oleh laki-laki dan ayat genap oleh perempuan. Dibacakan dengan suara lantang dan tidak tergesa-gesa. Yang lain mendengarkan dengan penuh perhatian sambil mengikutinya dalam Alkitab masing-masing.

  1. 1 Kor.98:16-19,22b-27
  2. Luk 6:39-42

 

Pendalaman

Pemandu meminta semua membaca kembali teks Kitab Suci sambil memperhatikan pertanyaan di bawah ini dan mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di dalam teks Kitab Suci.

  1. Perumpamaan apa yang disampaikan Yesus? (ay. 39)
  2. Apa yang dimaksudkan selumbar dan balok? (ay. 41-42)

 

Penjelasan

  1. Dalam Injil Lukas yang telah kita baca dan kita dengar, Yesus mengatakan perumpamaan, “Dapatkah orang buta menuntun orang buta? Bukankah keduanya akan jatuh ke dalam lubang?
  2. Pada ayat 41-42 dituliskan tentang selumbar dan balok. Maksudnya adalah kesalahan, keburukan, atau hal negatif yang kita dan orang lain miliki. Tetapi terkadang kita lebih bisa melihat kesalahan, keburukan dan hal negatif yang dimiliki oleh orang lain meskipun kecil. Namun kesalahan, keburukan, dan hal negatif yang ada dalam diri kita tidak terlihat. Kita tidak dapat melihatnya karena kita lebih fokus dan lebih sibuk dengan diri orang lain. Padahal sebenarnya kita malah memiliki kesalahan, keburukan dan hal negatif yang lebih besar.

 

Pesan dan Penerapan

  • Yesus selalu berbicara kepada kita lewat perumpamaan supaya kita sebagai manusia yang dikasihi-Nya mampu berpikir dan bertindak dengan baik dan benar.
  • Sebagai pengikut Yesus tidak baik jika kita ini menjadi manusia yang sombong. Kita harus mengakui keberadaan dan kemampuan kita sejauh mana. Dan jangan sampai kita menjerumuskan orang dan kita juga ikut terjerumus. Kita harus saling menghargai dan menghormati.
  • Kita dipanggil untuk memperhatikan satu sama lain, terutama sesama yang menderita. Bukan malah kita saling menghakimi. Kita masing-masing memiliki kelemahan, keburukan dan hal-hal negatif yang terkadang tidak kita ketahui namun orang lain mengetahuinya. Maka dari itu, kita harus terbuka dan rendah hati menerimanya, juga menerima masukkan dari sesama kita. Allah Bapa yang di Surga, Sang Hakim yang adil melihat semua yang kita perbuat.

 

Doa Umat

Setelah mendengarkan pesan dari Allah melalui Sabda yang tertulis dalam Kitab Suci, umat diajak menanggapi Sabda itu dengan doa secara tertulis (spontan) sebagai tanggapan atas Sabda yang baru didengarkan. Doa itu bisa berupa pujian, syukur, permohonan, niat, dan sebagainya, dan semuanya berkaitan dengan tema yang direnungkan dalam pertemuan ini. Kemudian satu demi satu umat diminta untuk membacakan doa yang telah dituliskan. Setelah semua menyampaikan doa, petugas mengajak  untuk mendoakan “Bapa Kami.”

Doa Penutup

  1. Marilah berdoa: Allah Bapa kami, kami mohon kepada-Mu dalam nama Yesus limpahkanlah kepenuhan berkat-Mu atas rumah kami. Dengan perantaraan Santo Yusuf, dan Bunda Maria, lindungilah dan peliharalah kami semua yang tinggal, dan yang dating di rumah ini. Bantulah kami untuk saling menghormati dan murah hati serta hidup dalam damai-Mu. Lindungilah kami semua terhadap segala marabahaya dan penyakit. Bapa surgawi, jagailah kami semua dalam perlindungan-Mu, sekarang dan selama-lamanya. Amin.

 

Tanda Salib

P   Dalam nama Bapa, dan Putra dan Roh Kudus.

U  Amin.

 

Lagu Pengutusan: PS 702 atau lagu lain yang sesuai.

One thought on “BKSN 2020 – Pendalaman Iman Katolik Jumat 11 September 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *