BKSN 2020 – Pendalaman Iman Katolik Minggu 13 September 2020

796 views

BKSN 2020 – Pendalaman Iman Katolik Minggu 13 September 2020

Lagu Pembuka

Tanda Salib dan salam

P   Dalam nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus.

U  Amin

P   Semoga Tuhan beserta kita

U  Sekarang dan selama-lamanya

 

Kata pengantar

Saudara-saudari yang dikasihi Tuhan. Hari ini kita kembali berkumpul sebagai keluarga yang terberkati oleh Allah, dan mau mendengarkan Sabda Tuhan dalam Kitab Suci dengan tema: Allah yang penuh belaskasih. Karena itu, marilah kita siapkan hati dan budi kita untuk mendengarkan Sabda-Nya serta merenungkannya.

 

Doa pembuka

  1. Marilah berdoa: Allah Bapa yang maharahim, Engkau adalah pribadi yang penuh belaskasih kepada kami. Kasih-Mu sungguh tampak dalam pengampunan yang tanpa pamrih. Karena itu bukalah hati kami agar kami terbuka untuk memahami sabda-Mu. Doa ini kami sampaikan kepada-Mu dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putera-Mu, yang hidup dan berkuasa dalam persekutuan dengan Roh Kudus, Allah sepanjang segala masa. Amin

 

Pendalaman Kitab Suci

  1. Bacaan : Roma 14:7-9
  2. Injil : Matius 18:21-35

 

Permenungan

  • Bacaan Injil pada hari ini sungguh menyentuh identitas kita sebagai orang beriman, yakni berani mengampuni tanpa batas. Dengan perumpamaan hamba yang berhutang dan mendapat pengampunan dari tuannya, Yesus ingin menegaskan bahwa Allah yang kita imani adalah Allah yang penuh belas kasih yang selalu memberi pengampunan seberapa pun dosa yang kita buat kalau kita memohon pengampunan dari pada-Nya. Namun sikap Allah yang penuh belas kasih ini harus juga kita hidupi dalam sikap kita terhadap orang lain yakni mau memberi pengampunan seperti kita telah menerima pengampunan dari Allah. Sikap ini yang sungguh tidak mudah bagi kita.
  • Santo Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Roma menegaskan bahwa identitas kita melekat dalam iman kita akan Kristus, ‘Jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan’. Pandemik Covid-19 ini hendaknya semakin menyadarkan kita semua bahwa sesungguhnya Allah tetap hidup dalam diri kita dan menyertai peziarahan hidup kita di tengah kesulitan hidup. Mari kita semakin meneguhkan iman kita agar kita tidak malah semakin lemah dalam beriman.

 

Doa Umat

  1. Marilah kita menyampaikan doa-doa kita kepada Allah yang maharahim. Dia senantiasa menyertai kita terutama di tengah kesulitan hidup yang kita alami saat ini.

 

Bagi para pemimpin Gereja

Ya Bapa, berkatilah para pemimpin Gereja: Bapa Paus, Uskup, Imam, dan Diakon dengan kesehatan dan kebijaksanaan agar mereka mampu menggembalakan umat-Mu di tengah wabah Covid-19 ini dengan kesabaran dan keteladanan hidup mereka. Marilah kita mohon …

 

Bagi keluarga-keluarga kristiani

Ya Bapa, berkatilah keluarga-keluarga kristiani agar di tengah kesulitan saat ini, kami tidak putusasa melainkan semakin mendekatkan diri dengan Dikau dan memperoleh kekuatan iman. Marilah kita mohon ….

 

Bagi semua orang yang sedang mengalami kesulitan

Bapa yang maharahim, di masa pendemi Covid-19 ini, banyak orang menderita berbagai macam kesulitan. Utuslah Roh Kudus-Mu untuk menguatkan kami dalam menghadapi kesulitan ini dan berilah harapan terang akan berlalunya kesulitan ini. Kami mohon …

 

  1. Demikianlah yang Bapa, doa-doa yang kami panjatkan kepada-Mu. Kami percaya, Engkau yang maharahim dan mahamurah mendengarkan dan mengabulkannya, demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami. Amin.

 

Doa Bapa kami

Marilah kita satukan seluruh doa permohonan kita dengan doa yang diajarkan oleh Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa kami

 

Doa penutup

  1. Marilah berdoa: Allah Bapa yang maharahim, terima kasih Engkau telah menganugerahi kami kesempatan untuk mendengarkan dan merenungkan Sabda-Mu. Kami percaya bahwa Sabda-Mu adalah kehadiran-Mu yang menguatkan iman, harap dan kasih kami, demi Kristus, Tuhan, dan pengantara kami. Amin

 

Berkat

P:  Marilah kita hening sejenak dan mohon berkat Tuhan agar sabda yang baru saja kita renungkan menjadi sumber kekuatan hidup kita:

Semoga Tuhan beserta kita

U: Sekarang dan selama-lamanya.

P:  Semoga berkat Tuhan senantiasa menyertai kita semua, dalam nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus.

U: Amin

P:  Dengan ibadat kita telah selesai, marilah kita hidup dalam sabda-Nya

U: Syukur kepada Tuhan

 

Lagu Pengutusan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *