BKSN 2020 – Pendalaman Iman Katolik Rabu 9 September 2020

556 views

BKSN 2020 – Pendalaman Iman Katolik Rabu 9 September 2020

Yesus Anak Allah, Raja Kerajaan Surga

Lagu Pembuka: PS 603 – Curahkan Rahmat

Tanda Salib dan Salam

P: Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

P: Semoga rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus selalu menyertai kita.

U: Sekarang dan selama-lamanya

 

Doa Pembuka:

Allah Bapa yang Mahabaik, kami bersyukur kepada-Mu atas karunia berlimpah yang kami terima berkat kemurahan-Mu.  Kami bersyukur pula atas iman akan Yesus yang Kau anugrahkan kepada kami.  Dialah yang menunjukkan jalan bagi kami untuk mencapai kebahagiaan abadi bersama-Mu. Kini kami berkumpul untuk mendengarkan Sabda-Mu. Utuslah Roh kudus-Mu menerangi budi dan hati kami agar kami dapat memahami Sabda-Mu dan dapat kami lakukan dalam hidup kami sehari-hari. Demi Kristus Tuhan kami. Amin

 

Mendengarkan Sabda

Bacaan I          : 1 Koritus 7: 25 – 31

Bacaan Injil     : Lukas 6: 20 – 26

 

Renungan Singkat:

  • Dalam Injil, Yesus menyebut “Berbahagialah kamu” kepada orang yang miskin, yang lapar, yang menangis, yang dianiaya karena Anak Manusia. Yesus juga menyebut “Celakalah kamu” kepada orang: yang kaya, yang kenyang, yang tertawa, yang suka dipuji.  Apakah Yesus hanya mengasihi orang-orang yang miskin, lapar, yang menangis, yang dianiaya dan sebaliknya membenci yang kaya, yang kenyang, yang tertawa, dan yg suka dipuji? Jawabannya tentu tidak.
  • Bukan kondisi atau keadaan orang yang menjadi tolok ukurnya melainkan sikap hati. Orang miskin tidak memiliki apa-apa, sehingga hatinya terbuka dan mengharapkan campur tangan Allah dalam hidupnya, hanya mengandalkan Allah dan selalu mensyukuri berkat yang diterima dari Allah. Sikap demikianlah yang dipuji Yesus. Sedangkan orang kaya yang tidak peduli dengan orang-orang yang kurang beruntung: miskin, lapar, dan yang membutuhkan pertolongan; yang tenggelam dalam penghiburan duniawi, tidak tertarik dan tidak mau mendengarkan pengajaran Yesus.  Sikap itulah yang dikecam Yesus, Sang Raja Kerajaan Surga.
  • Sebagai hamba dari Raja Kerajaan Surga, sikap hati manakah yang saya kembangkan dalam hidup saya sekarang ini dan yang akan datang?

 

Doa Permohonan

  • Doa spontan dari masing-masing anggota keluarga
  • Doa Ardas Tahun Cinta Kitab Suci 2020
  • Doa Untuk Keluarga: PS 162
  • Doa Malam: PS 81

 

Bapa Kami

Doa Penutup dan Berkat

Ya Yesus yang penuh kasih, kami bersyukur atas Sabda-Mu yang telah kami dengar dan renungkan bersama. Tak henti-hentinya Engkau memberikan kami rahmat yang kami perlukan untuk hidup sesuai ajaran-Mu. Baharuilah kami dan gerakkanlah hati kami untuk terus peduli kepada mereka yang membutuhkan uluran tangan.  Mampukan kami untuk terus melayani  Engkau dengan perbuatan baik kepada sesama. Kami mohon teguhkanlah iman kami akan Dikau. Sebab Engkaulah Tuhan dan Juruselamat kami. Amin.

P: Tuhan beserta kita

U: Sekarang dan selama-lamanya

P: Semoga kita sekalian dan orang-orang yang kita kasihi senantiasa dibimbing dan dilindungi oleh berkat Allah yang Mahakuasa: Bapa dan Putera dan Roh Kudus.

U: Amin

P: Dengan ini ibadat kita sudah selesai

U: Syukur Kepada Allah

Lagu Pengutusan: PS 552 – Terpuji Raja Kristus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *