BKSN 2020 – Pendalaman Iman Katolik Sabtu 12 September 2020

269 views

BKSN 2020 – Pendalaman Iman Katolik Sabtu 12 September 2020

Nama Santa Perawan Maria yang Tersuci

Tema: Yesus Adalah Anak Manusia, Raja Kerajaan Surga

Sub Tema: Yesus Adalah Dasar Hidup Kita

 

Lagu Pembuka: PS 547 atau lagu lain yang sesuai.

Tanda Salib dan Salam

P   Dalam nama Bapa, dan Putra dan Roh Kudus.

U  Amin.

P   Tuhan beserta kita.

U  Sekarang dan selama lamanya.

 

Pengantar

Saudara-saudari yang terkasih dalam Tuhan Yesus Kristus, kita bersyukur karena kita masih dapat berkumpul bersama kembali di tempat ini dalam Pendalaman Kitab Suci ini. Dalam Pertemuan kita sekarang akan mendalami “Yesus adalah Dasar Hidup Kita”. Ketika kita memahami hal itu maka hidup kita akan bahagia. Marilah kita membuka hati kita bagi Sabda Tuhan yang kita dengarkan dalam pertemuan ini.

 

Doa Pembuka

Ya Allah yang Mahatinggi dan penuh kemuliaan, terangilah kegelapan hati kami dan berilah kami iman yang benar, pengharapan yang teguh, dan kasih yang sempurna. Berilah kami, ya Tuhan, perasaan yang peka dan budi yang cerah agar kami mampu melaksanakan perintah-Mu yang kudus dan takkan menyesatkan. Demi Kristus Tuhan kami. Amin.

Pembacaan Kitab Suci

Pemandu meminta salah satu membaca teks Kitab Suci dengan suara lantang dan tidak tergesa-gesa. Umat yang lain mendengarkan dengan penuh perhatian sambil mengikutinya dalam Kitab Suci masing-masing.

  1. 1 Korintus 10:14-22a atau Putra Sirakh 24:17-22
  2. Lukas 6:43-49 atau Lukas 1:20-38

 

Pendalaman

Pemandu meminta semua umat membaca kembali teks sambil memperhatikan pertanyaan di bawah. Umat dapat mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di dalam Kitab Suci.

  1. Dari mana datangnya kebaikan dan kejahatan? (ayat 45)
  2. Apa perbedaan batu dan tanah? Mana yang harus kita pilih? (ayat 48-49)

 

Penjelasan

Pemandu menyampaikan penjelasan di bawah ini.

  1. Kebaikan berasal dari orang baik dan yang memiliki hati yang baik. Begitu pula sebaliknya kejahatan berasal dari orang jahat dan yang memiliki hati yang jahat. Pusat dari kebaikan dan kejahatan adalah hati.
  2. Batu dan tanah sangatlah berbeda. Dari bentuk, berat, kekuatannya juga berbeda. Batu akan lebih kokoh dan tidak dapat dogoyangkan oleh air bahkan banjir. Berbeda dengan tanah yang akan mudah hancur, rusak dan habis terbawa air.

 

Pesan dan Penerapan

  • Pusat kebaikan dan kejahatan adalah hati. Jika hati kita baik maka apa yang kita pikirkan adalah hal yang baik dan yang kita ungkapkan lewat mulut kita  hal-hal yang baik. Tetapi jika hati kita jahat maka apa yang kita pikirkan dan kita katakan juga jahat. Kita sebagai pengikut Yesus Kristus harus juga memiliki hati seperti Hati Yesus yang Maha Kudus, mengampuni, mengasihi.
  • Kita mendambakan kehidupan yang damai, tenang dan nyaman. Hidup penuh cinta kasih, pengharapan, dan kuat dalam iman. Itu semua bisa kita dapatkan di dalam Yesus Putra Bapa. Maka kita harus rajin membaca Sabda Tuhan dalam Kitab Suci.
  • Ketika kita sudah menjadikan “Yesus Sebagai Dasar Hidup Kita” maka kita akan kokoh dan kuat dalam iman kita. Iman akan Allah Bapa, Putra dn Roh Kudus. Kita akan setia dan akan menerima kebahagiaan abadi. Kebahagiaan di dalam Kerajaan Surga bersama Bapa, Putra dan Roh Kudus.

Doa Umat

Setelah mendengarkan pesan dari Allah melalui Sabda yang tertulis dalam Alkitab, umat akan menanggapi Sabda itu dengan doa secara tertulis (spontan) sebagai tanggapan atas Sabda yang baru didengarkan. Doa itu bisa berupa pujian, syukur, permohonan, niat, dan sebagainya. Kemudian satu demi satu peserta diminta untuk membacakan doa yang telah dituliskan. Setelah semua menyampaikan doa, petugas mengajak umat untuk mendoakan “Bapa Kami.”

 

Doa Penutup

  1. Marilah berdoa: Allah Bapa Yang Maha Pengasih, kami bersyukur atas Sabda-Mu yang telah kami dengarkan dalam pertemuan ini. Yesus, Maria, Yusuf, Ajarilah kami bersikap terbuka dan di bawah naungan Roh-Nya melaksanaka kehendak Bapa hari ini dan senantiasa. Yesus Imam Abadi dan Misionaris Bapa datanglah setiap hari sebagai saudara. Bunda Maria, bimbinglah kami, dengan perhatian keibuanmu, agar dalam segala hal kami berkembang kea rah Kristus. Santo Yusuf, yang hidup bagi Yesus dan Maria, jagalah kami dengan kebapaanmu, agar kami tetap setia pada panggilan kami dan di dalam menunaikan tugas, kami mencerminkan hidup Kristus, Tuhan dan pengantara kami. Amin.

 

Tanda Salib

P   Dalam nama Bapa, dan Putra dan Roh Kudus.

U  Amin.

 

Lagu Pengutusan: PS 630 atau lagu lain yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *