BKSN 2020 – Pendalaman Iman Katolik Selasa 8 September 2020

279 views

BKSN 2020 – Pendalaman Iman Katolik Selasa 8 September 2020

Pesta Kelahiran S.P Maria

Yesus Anak Allah, Raja Kerajaan Surga

Lagu Pembuka: PS 629 – Kurangkai Mawar Yang Harum

Tanda Salib dan Salam

P: Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

P: Semoga rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus selalu menyertai kita.

U: Sekarang dan selama-lamanya

 

Doa Pembuka:

Allah Bapa yang penuh belaskasih, kami bersyukur atas segala berkat dan karunia yang Engkau limpahkan kepada kami.  Pada kesempatan ini kami berhimpun bersama untuk merenungkan Sabda-Mu.  Semoga Roh Kudus-Mu membimbing akal budi kami sehingga kami dapat mengerti Sabda-Mu dan menjadikannya sebagai pedoman bagi kami dalam hidup sehari-hari. Demi Kristus Tuhan kami. Amin

 

Mendengarkan Sabda

Bacaan I          : Mikha 5: 1 – 4a

Bacaan Injil     : Matius 1:18 – 23.

 

Renungan Singkat

  • Pada hari ini kita merayakan dengan sukacita kelahiran Santa Perawan Maria. Bunda Maria dimuliakan dan dihormati secara istimewa dalam Gereja kita, berkat jasanya dalam karya keselamatan Allah.  Tiada manusia yang secara pribadi dihadapkan langsung dalam misteri-misteri karya penebusan Tuhan seperti Bunda Maria yang menjadi Bunda Penyelamat dan tetap perawan; melihat Yesus sebagai bayi, anak, remaja, dan kemudian menyaksikan Putranya dihukum mati di kayu salib. Maria menyerahkan diri dan seluruh hidupnya dalam iman dan ketaatan sempurna kepada rencana Tuhan.
  • Sehubungan dengan penjelmaan Kristus, SP Maria sejak kekal telah ditetapkan untuk menjadi Bunda Allah seperti yang dinubuatkan oleh Nabi Mikha.
  • Kita dapat selalu datang kepada Bunda Maria untuk memohon pertolongannya. Ia amat dekat dengan Yesus dan Yesus sangat mengasihi bunda-Nya. Bunda Maria menjadi perantara bagi kita kepada Yesus, Raja Kerajaan Surga, Tuhan kita, seperti yang dilakukannya dalam peristiwa perkawinan di Kana.
  • Ujud permohonan apakah yang akan aku minta melalui Bunda Maria pada hari ini?

 

Doa Permohonan

  • Doa spontan dari anggota keluarga
  • Doa Ardas Tahun Kitab Suci 2020
  • Doa Penyerahan Kepada Maria, PS 216
  • Doa Malam, PS 81

 

Bapa Kami

Doa Penutup dan Berkat

Allah Bapa yang penuh belaskasih, kami bersyukur atas karya keselamatan-Mu yang agung. Melalui Bunda Maria, Engkau hadir ke dunia dalam diri Yesus Kristus,  Putra-Mu, untuk menebus kami manusia berdosa. Kami mohon bantulah kami agar mampu hidup suci dan taat kepada-Mu seperti Bunda Maria.  Semoga kami mampu setia kepada-Mu kendati harus menghadapi rintangan yang berat. Jadikanlah kami alat-Mu agar kehendak-Mu terlaksana di dunia ini.  Demi Kristus Tuhan kami. Amin

P: Tuhan beserta kita

U: Sekarang dan selama-lamanya

P: Semoga kita sekalian dan orang-orang yang kita kasihi senantiasa dibimbing dan dilindungi oleh berkat Allah yang Mahakuasa: Bapa dan Putera dan Roh Kudus.

U: Amin

P: Dengan ini ibadat kita sudah selesai

U: Syukur Kepada Allah

 

Lagu Penutup: PS 638 – Hai, Pujilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *