Jelang Paskah, Paus Fransiskus Serukan Gencatan Senjata di Ukraina

Paus Fransiskus Serukan Gencatan Senjata di Ukraina
Paus Fransiskus Serukan Gencatan Senjata di Ukraina
484 views

RenunganKatolik.org. Jelang Paskah, Paus Fransiskus Serukan Gencatan Senjata di Ukraina. Minggu (10/4), Pada permulaan Pekan Suci, Paus Fransiskus membuat seruan agar diadakannya gencatan senjata di Ukraina.

Hal tersebut untuk memberi ruang bagi perundingan damai, dan menyoroti perlunya para pemimpin negara membuat “sejumlah pengorban bagi kebaikan rakyat.”

Hal tersebut di nyatakan oleh Paus Fransiskus pada Misa Minggu Palma yang dimulai dengan prosesi perarakan puluhan imam dan uskup serta umat dengan membawa daun palem dan zaitun melalui Lapangan Santo Petrus.

Meski sedang sakit dan kesulitan berjalan, namun Paus Fransiskus tetap mengurbankan Misa Minggu Palma meski harus di antar dengan mobil dan tidak mengikuti prosesi perarakan Minggu Palma.

Ini merupakan pertama kali Paus merayakan Minggu Palma di depan banyak orang di Lapangan Santo Petrus sejak meluasnya pandemi virus corona yang melanda dunia.

Paus menyerukan agar semua “meletakkan senjata dan memulai gencatan senjata Paskah.” Paus tidak merujuk langsung pada invasi Rusia ke Ukraina, tetapi rujukannya jelas dan ia telah berulangkali mengecam perang dan penderitaan yang dialami warga sipil tidak berdosa.

Selama homili itu Paus mengatakan “ketika kita menggunakan kekerasan, kita kehilangan pandangan mengapa berada di dunia, dan akhirnya justru melakukan kekejaman yang tidak masuk akal.”

Paus menyesali “kematian suami dan anak-anak yang tidak adil,” pengungsi yang melarikan diri dari pemboman, anak-anak muda yang kehilangan masa depan dan “tentara yang dikirim untuk membunuh saudara dan saudari mereka sendiri.”

Umat Katolik merayakan Minggu Palma satu minggu sebelum Paskah untuk mengingat kedatangan Yesus di Yerusalem dengan menaiki seekor keledai, ketika ia disambut orang-orang dengan daun palem sebagai tanda penghormatan.

Umat Katolik memegang pohon palem dan cabang daun zaitun pada Misa Minggu Palma sebagai simbol perdamaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.